Minggu, 10 April 2011

MID TEST Teknologi Bahan Konstruksi

Perlu mulut menganga seharian untuk menjawab soal ini.. Perlu pemikiran hangus matang untuk mengerjakan soal ini.. Perlu..perlu...perlu......DUIT

Check This.... (OK!!)

AREA A
Tanah                          : Tanah basah
Lokasi                          : Jalan Terendam Air
Type konsruksi            : Rumah Tinggal
Pada Area ini bahan konstruksi yang tepat digunakan untuk Kolom dan Balok adalah Kayu Ulin. Karna type konstruksi yang dibangun adalah Rumah tinggal (tak bertingkat), maka kayu adalah bahan konstruksi yang efisien jika dibandingkan dengan yang lainnya. Jika kita menggunakan baja, maka terlalu banyak biaya yang akan dikeluarkan. Karena type konsruksi yang dibangun adalah rumah biasa, berarti tidak mempunyai beban yang cukup besar. Sehingga, kayu masih mampu menahan beban rumah tinggal biasa.

AREA B
Tanah                          : Tanah Lempung Berlanau
Lokasi                          : Jalan dengan Beban Berat
Type konstruksi           : Gudang
Pada Area ini bahan konstruksi yang tepat digunakan untuk Kolom dan Balok adalah Beton bertulang. Karna type konstruksi yang dibangun adalah gudang, berarti memiliki beban yang berat. Sehingga Beton bertulang adalah bahan konstruksi yang tepat untuk type konstruksi seperti ini. Jika kita menggunakan rangka baja, kita akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Selain itu perusahaan yang memproduksi baja murni di Indonesia susah dijangkau. Dan jika kita menggunakan balok beton (tidak bertulang), maka bahan tersebut tidak mampu menahan tegangan tarik.

AREA C
Tanah                          : Pasir Berlanau
Lokasi                          : Perumahan Mewah
Type konstruksi           : Rumah Bertingkat
Pada Area ini bahan konstruksi yang tepat digunakan untuk Kolom dan Balok adalah beton bertulang. Karna type konstruksi yang dibangun adalah rumah mewah yang bertingkat, berarti memliki beban yang cukup berat dan harus memiliki nilai keindahan yang bagus. Beton bertulang cocok sebagai bahan dari type konstruksi sepeti ini. Jika kita hanya menggunakan balok beton, maka tidak mampu menahan beban yang ada. Dan jika menggunakan rangka baja, tidak akan menimbulkan keindahan yang baik. 



(Serasa menjadi sarjana teknik...Hahahahaha...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar